10 Senapan Yang Digunakan Pejuang Kemerdekaan


Beberapa Senapan masa Perang Kemerdekaan Republik Indonesia & World War II
Dalam catatan sejarah Republik Indonesia, tercatat era kolonial yang ditandai dengan masuknya penjajah dari Eropa dan juga Jepang. Perang merebut kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan tidak dapat dihindari.
Sejarah perjuangan rakyat Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan tidak lepas dengan senjata yang digunakan melawan penjajah pada masa itu, salah satunya berupa senapan/bedil. Senapan-senapan ini juga memberikan andil yang besar dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang kita banggakan.
Berikut sejumlah senapan yang pernah muncul pada masa perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.
1. Sten Machine Gun (MARK I-MARK VI)
Sten Gun Mark II Parts
Sub machine gun buatan Inggris ini mulai diproduksi taun 1941. Didesain oleh Major Reginald V. Shepherd dan Harold J. Turpin. SMG ini didesain untuk bisa mudah diproduksi massal dan murah harganya. Tidak heran kalau bentuk SMG ini simpel dan kasar. Perbandingan harganya adalah 15 sten gun sama dengan 1 Lee Enfield. Pejuang kita merampasnya dari tentara Inggris. Rate of fire: 500 peluru/menit. Jarak efektif: 60 m.
 
2. LE Lee Enfield
SMLE (Short Magazine Lee Enfield), merupakan bolt action rifle yang awal-awal mengadopsi sistem magasin. Pertama diproduksi oleh Inggris taun 1895 dan digunakan di dua perang dunia bahkan pada konflik afganisthan. Sesuai namanya, senapan ini didesain oleh James Paris Lee, RSAF Enfield. Pejuang kita merampasnya dari Inggris dan Belanda. Jarak efektif: 503 m.

3.OWEN

Owen merupakan SMG buatan Australia. Pertama diproduksi tahun 1938. Didesain oleh Evelyn Owen, veteran tentara Australia. DIbuat berdasarkan SMG Sten Gun Inggris dan Thompson amerika. Dirampas dari Inggris. Rate of Fire: 700 peluru/menit. 

4. M1 GARAND

Mungkin inilah bolt action rifle sekutu paling terkenal di muka bumi semasa perang dunia 2. Senjata ini pasti jadi senjata wajib kalo agan main game fps WWII kayak Call of Duty. Senjata bolt action terlaris dalam sejarah. Buatan Amerika Se rikat, pertama diproduksi tahun 1936. Didesain oleh John C. Garand. Dirampas dari Inggris dan Belanda. Jarak efektif 402 m. 

5. Bren Light Machine Gun


Siapa tak kenal Bren? Light machine gun dari Inggris ini merupakan andalan sekutu untuk menyaingi light machine gun Jerman yang terkenal, MG42. Sangat terkenal dan digunakan secara luas di hampir seluruh permukaan bumi. Seb enarnya Bren merupakan modifikasi dari light machine gun Cekoslovakia, ZB vz. 26. Pertama diproduksi 1935. Dirampas dari Inggris dan Belanda. Rate of Fire: 500–520 peluru/menit. Jar ak efektif: 550 m.

6. Arisaka Rifle



Arisaka merupakan bolt action rifle buatan Jepang. Terdiri dari 5 varian, type 30, 38, 44, 97, 99. Pejuang Indonesia paling banyak menggunakan yang 44. Diproduksi pertama kali 1898. Dirampas dari Jepang. Jarak efektif: 400 m.
7. Nambu Pistol



Pistol ini didesain oleh Jenderal Kijiro Nambu pada 1902. Dia adalah seorang desainer senjata produktif yang kadang-kadang disebut "John Browning dari Jepang". Meskipun pistol memiliki kemiripan pada Luger P08 Jerman, pistol ini tidak berdasarkan pada desain Luger itu. Luger menggunakan toggle-lock, sedangkan nambu memaka i mekanisme blowback.
produksi = 1906 - 1945
berat = 900 g (1.98 lb) unloaded
amunisi = 8x22mm nambu,7x20mm nambu
kaliber = 8mm
mekanisme = recoil-spring
kec.peluru = 950 ft/s (289.6 m/s)
 


8. Lewis


Light machine gun ini merupakan hasil kerja sama Amerika Serikat dan Inggris. Diproduksi di kedua negara dan didesain oleh Colonel Isaac Newton Lewis, seorang tentara Amerika. Mulai diproduksi 1913. Digunakan sangat luas oleh ang katan bersenjata Inggris pada masanya. Senapan ini pernah menorehkan sejarah di Indonesia. Rate of Fire: 500–600 peluru per menit. Jarak efektif 800 m. 

9. Thompson Sub Machine Gun 


 

Sub machine gun (SMG) andalan sekutu pas PD2 dan senjata standar pasukan sekutu ini dibikin oleh Amerika Serikat dari tahun 1921. Didesain oleh John T. Thompson. Dalam sejarahnya banyak dipakai oleh mafia-mafia seperti al capone, dan pada zaman mafia itu, senapan ini terhitung SMG mewah, terutama karena harganya. Dikenal mahal, sulit diproduksi, dan ribet, tapi sangat luas penggunaannya. Meski begitu, cuma sedikit yang masuk ke Indonesia. Dirampas dari Belanda. Rate of Fire: 600-1200 peluru/menit. Jarak efektif: 50 m. 

10. Thompson M1A1




 
 
 

0 comments:

Jangan sungkan-sungkan komen di mari gan...
:)

Hidup Indah bila Mencari Berkah