11 Cara Jitu Meningkatkan Ingatan Dan Kecerdasan



http://images.wisegeek.com/human-brain.jpg Ketika sedang lelah secara psikis, stres, atau seiring bertambahnya usia sebagian orang merasa bahwa terjadi kemunduran pada daya ingat dan kemampuan berpikirnya. Namun, tidak perlu khawatir, karena tentunya ada cara untuk menjaga kecerdasan otak.

Dengan melatih otak, maka kemampuan otak meningkat atau setidaknya tetap stabil. Semakin otak di latih maka ibarat sebuah pisau yang di asah makin tajam.  Daya pikir seseorang berkurang dalam usia berapapun  adalah wajar, karena organ otak juga seperti organ tubuh lainnya, bila kurang latihan, maka kekuatannya pun akan berkurang.
Para ilmuwan dari University of California, Berkeley, AS, pernah meneliti otak tikus. Mereka menemukan, bahwa otak tikus tumbuh sebesar 4 persen saat mereka dipaksa menjalankan tugas mental setiap hari, misalnya mencari jalan keluar dari lorong yang berliku, memanjat tangga, dan bersosialisasi dengan tikus lain. 

Bagaimana dengan otak manusia? Dibawah ini 11 cara ampuh untuk menambah kemampuan otak dalam berfikir dan mengingat.

1. Latih kemampuan mengamati. Luangkan waktu untuk bersantai dengan mengamati alam sekitar, semua yang tertangkap mata  rekam dalam pikiran Anda. Lakukan observasi dari yang sederhana sampai yang rumit. 

2. Asah panca  indra. Mencicipi dan menilai rasa makanan ternyata melatih kecerdasan otak.  Melakukan wisata kuliner bisa melatih kemampuan otak Anda. Saat merasakan makanan yang Anda pilih, tentunya Anda menilai rasa makanan itu. Menyadari bau, aroma, bunyi-bunyian, merasakan cuaca juga melatik kecerdasan otak. 
 
3. Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya.  Apakah Anda suka menghafal nama teman baru Anda, dan berusaha mengingat no telponnya? maka Anda melakukan aktivitas melatih kemampuan otak.

4. Pelajari sesuatu yang baru. Apakah Anda menyukai hal-hal baru? Kegiatan ini sangat membantu kemampuan otak, bahkan di jaman digital ini, sangat perlu sekali untuk mengenal hal-hal baru agar tidak ketinggalan tehnologi dan tidak menjadi korban tehnologi.  

5. Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak. Visualisasikan apa yang ada dalam otak Anda. Bisa berupa melukis, menulis atau membuat kaligrafi, melatih kemampuan mengetik tanpa melihat tombol , dan karya-karya yang bernilai seni.

6. Tekuni hobi. Rasanya otak rileks dan segar melihat keindahan alam dan melakukan kegiatan yang tidak terikat dengan pekerjaan. Jaga keseimbangan aktivitas Anda antara kerja dan rileks, antara tugas dan hobi.

7. Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu. Apakah Anda mengaggap bahwa mengingat tanggal-tanggal penting itu perlu? Selamat, Anda mempunyai kebiasaan untuk melatih kemampuan otak.

8. Hafalkan sesuatu yang Anda sukai. Tidak di pungkiri, kebiasaan mengahafal melatih kemampuan otak, bahkan ini adalah obat mujarab untuk mengatasi pikun di usia lanjut.  Hafalkan lagu yang Anda suka, atau apa saja yang Anda anggap perlu.

9. Latihan menghafal urutan angka berderet panjang, misalnya  312679048464461872. Ini adalah bentuk latihan memperbaiki daya ingat jangka pendek. Trik untuk menghafal urutan angka yang panjang seperti itu adalah dengan membaginya menjadi beberapa kelompok, memecah bilangan menjadi beberapa bagian.  Lakukan dengan mengelompokkan atau memecah bilangan itu menjadi beberapa bagian, misalnya 312679 kemudian 048464 dan terakhir  461872.

10. Ingat perjalanan pribadi. Apa yang sedang Anda kerjakan satu jam lalu, minggu lalu pada hari Jumat pukul 11.00, misalnya. Coba jawab pertanyaan ini: kapan, dengan siapa, dimana?

11. Ingat dan teliti ulang pengeluaran harian. Luangkan waktu untuk mengecek pengeluaran harian, atau mingguan Anda. Kemarin Anda membelanjakan uang untuk apa? Berapa jumlah  uang tunai yang  Anda simpan atau yang ada di dompet? Kapan Anda terakhir  ambil uang lewat ATM, dan seterusnya.

Latihan-latihan ini akan memungkinkan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung antar sel otak semakin rapat. Kegiatan mental yang menantang meningkatkan jumlah sirkuit aktif atau sinapsis dalam otak. Semakin banyak sirkuit, semakin banyak asosiasi, makin besar pula kemampuan mengingat.
Selamat berlatih dan menikmati kegiatan yang melatih kemampuan daya ingan dan kecerdasan otak!
Sumber 


0 comments:

Jangan sungkan-sungkan komen di mari gan...
:)

Hidup Indah bila Mencari Berkah