12 Khasiat Dari Mengonsumsi Bayam


Gambar Tanaman Sayur Bayam - Manfaat Sayur Bayam untuk KesehatanBayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau terbaik yang banyak memiliki manfaat untuk tubuh kita. Bayam banyak mengandung antioksidan esensial dan fitokimia yang berfungsi membantu melindungi tubuh terhadap berbagai jenis penyakit.
Dalam setiap 100 gram bayam terdapat kandungan gizi berupa 3 gram besi; 81 gram kalsium; 3,2 gram karbohidrat dan 2,3 gram protein. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yaitu vitamin A, vitamin C, niasin, fosfor, kalium, riboflavin, natrium, thiamin, dan magnesium.
Dengan begitu banyaknya kandungan gizi yang ada pada sayur bayam, maka tidak salah jika bayam mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, di antaranya:

1. Baik untuk saluran pencernaan
Bayam sangat bagus untuk kesehatan usus. Sayur bayam termasuk yang kaya akan serat. Jika Anda memasukkannya dalam menu makan Anda secara teratur, dijamin, Anda tidak akan bermasalah pada pencernaan.

2. Menperkuat sistem kekebalan tubuh
Vitamin A, C, E, D, dan B membuat bayam sebagai sayuran yang ideal untuk membantu sistem kekebalan tubuh. Karena, vitamin-vitamin menjaga jumlah sel imun dalam tubuh sehingga cukup untuk memberitahu tubuh jika ada ancaman infeksi dan cepat bereaksi terhadap infeksi.

3. Mencegah kanker
Kandungan vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid dalam bayam sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker. Bahkan hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan tersebut pada bayam bisa menurunkan risiko terkena kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, kanker kulit dan kanker perut.

4. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
Bayam adalah sumber folat yang baik, yang bisa mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Tingginya tingkat homosistein dalam darah menyebabkan tingginya risiko penyakit jantung. Bayam juga mengandung choline dan inositol, yang membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi
Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang ini sangat bermanfaat bagi pasien dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah.

6. Sumber anti-inflamasi
Bayam mengandung sifat alkalinitas yang tinggi sehingga membuat bayam menjadi pilihan yang sempurna untuk penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

7. Mencegah osteoporosis
Secangkir daun bayam segar bisa memenuhi 200% kebutukan nilai harian akan vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk mencegah tulang keropos. Selain itu, mineral lainnya dalam bayam seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor juga membantu penguatan tulang.

8. Mengobati pendarahan gusi
Campuran bayam dan jus wortel sangat membantu dalam mengobati gusi berdarah yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan asupan terlalu banyak gula halus

9. Menurunkan berat badan
Bayam mengandung banyak nutrisi, tapi rendah kalori sehingga menjadi menu makanan yang tepat bagi Anda yang sedang berdiet.

10. Meningkatkan kualitas penglihatan
Bayam merupakan sumber lutein, karotenoid yang dikenal membantu melindungi mata terhadap katarak. Selain itu, bayam juga kaya akan vitamin A yang membuatnya sangat bermanfaat untuk penglihatan.

11. Mencegah diabetes
Kandungan magnesium yang ada dalam bayam membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Mengkonsumsi bayam secara rutin dapat membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.

12. Mencegah anemia
Kandungan zat besi yang tinggi pada bayam sangat diperlukan dalam mencegah anemia. Zat besi membantu meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

 


0 comments:

Jangan sungkan-sungkan komen di mari gan...
:)

Hidup Indah bila Mencari Berkah