Cara Daftar Feedburner


Daftar Feedburner – Feedburner merupakan salah satu produk milik Google. Feedburner adalah layanan dengan fitur untuk berlangganan konten blog bagi pembaca. Jika kita memiliki sebuah blog dan mendaftar pada Feedburner maka kita dapat memfasilitasi pembaca untuk menerima update konten blog terbaru kita via email tanpa harus berkunjung ke blog. Layanan Feedburner dapat diakses secara gratis dan mudah terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti blogspot.

Feedburner merupakan salah satu layanan Google yang memberikan fasilitas untuk mengirimkan konten terbaru dari sebuah blog kepada pembaca yang telah berlangganan kepada blog tersebut.

Feedburner memberikan layanan yang memudahkan pembaca blog kita menerima update konten blog via email tanpa harus berkunjung langsung ke blog kita. Akan tetapi, layanan ini dapat menjadi dilema apabila pembaca selalu bergantung pada kiriman konten blog via email. Hal ini tentu akan mengurangi jumlah kunjungan pembaca ke blog kita jika kita tidak bijak dalam mengelola layanan Feedburner.


Cara untuk mendaftar dan menggunakan Feedburner adalah sebagai berikut.


1. Buka halaman Feedburner.

Feedburner merupakan layanan Google yang saling terintegrasi dengan layanan Google lainnya. Jika kita memiliki akun Google seperti gmail, langsung masuk untuk Login. Jika belum, buat akun Google terlebih dahulu dengan klik Sign Up.
2. Masukan URL blog kita, contoh: inspirasikecilku.blogspot.com > next.


Halaman my feeds Feedburner

3. Pilih feed sumber asal dari blog kita, coba pilih Atom feed > next.

4. Pilih judul feed dan URL feed > next.


Pilih jenis feed blog

5. Feed blog menggunakan Feedburner sudah jadi > next > pilih pengaturan statistik feed sesuai keperluan > next.



Feedburner selesai dibuat

6. Ubah pengaturan URL feed pada blogspot.

Masuk ke akun blogger > dasbor > setelan > lainnya > perhatikan umpan situs > masukan URL feed blog kita menggunakan Feedburner > simpan setelan.


Pengaturan Feedburner pada blogspot

7. Cara menampilkan widget ikuti lewat email dari Feedburner pada blog adalah sebagai berikut.

Masuk ke akun blogger > dasbor > tata letak > tambahkan gadget > pilih ikuti lewat email > pastikan pengaturan URL feed benar > simpan.


Ikuti lewat email

Layanan Feedburner akan mengirimkan konten terbaru dari blog kita kepada pembaca secara otomatis melalui email. Jika kita sudah lama tidak update blog dan pengiriman konten blog ke email pembaca tersendat maka kita dapat menggunakan fitur Ping Feedburner agar layanan pengiriman konten blog terbaru ke email pembaca menjadi lancar kembali. 



0 comments:

Jangan sungkan-sungkan komen di mari gan...
:)

Hidup Indah bila Mencari Berkah