5 Kota Di Indonesia Dengan Biaya Hidup Termurah

5. Cirebon menempati posisi ke-5 sebagai kota termurah karena memiliki pengeluaran rata-rata sebesar Rp 586.014 per bulan. Bayangkan saja Criters, di kota yang dijuluki sebagai Kota Udang ini, kebutuhan rumah tangga warganya tak lebih dari Rp 600 ribu per bulannya. Hal ini dikarenakan biaya hidupnya yang memang murah. Maka tak heran para wisatawan selalu ramai mengunjungi kota ini kala akhir pekan tiba atau sekedar menikmati wisata religinya berupa makam dan Masjid Sunan Gunung Jati. Beberapa keraton milik Kasultanan Cirebon pun juga menjadi ikon wisata sejarah dan budaya di Cirebon.
4. Solo berada di posisi empat dengan rata-rata pengeluaran per bulan Rp 576.233. Kota inipun memiliki budaya Jawa yang sangat kental dengan beberapa destinasi menarik seperti Keraton Surakarta Hardiningrat sampai Pandawa Water Park. Tak hanya itu, wisata kulinernya yang murah-murah serta nikmat menjadi daya tarik tersendiri bagi kota ini. Belum lagi kalau Criters ingin belanja batik murah tinggal meluncur saja ke Kampung Laweyan dan Kampung Kauman.
3. Untuk posisi ketiga, kita geser sedikit menuju Purwokerto. Dengan pengeluaran bulanan sekitar Rp 573.234, Purwokerto mampu menarik perhatian wisatawan yang ingin merasakan liburan di beberapa tempat wisata alam andalan yang berskala nasional, seperti di gua ataupun air terjun. Wisata alam di Purwokerto antara lain : Baturaden, Pancuran Pitu, Pancuran Telu, Gua SaraBadak, Museum BRI, Curug Gede, Curug Ceheng, Masjid Saka Tunggal, Bumi Perkemahan Baturraden, Bumi Perkemahan Kendalisada, dan masih banyak lagi.
2. Nah, untuk urutan kedua, kita menuju wilayah timur Indonesia yang 'katanya' sih identik dengan pengeluaran sehari-hari yang mahal. Dan ternyata nggak juga kok, Criters! Buktinya, Kota Maumere di Flores pengeluaran per bulannya hanya berkisar Rp 558.459. Nominal inipun menjadikan Kota Maumere di Flores menjadi kota termurah ke-2 di Indonesia. Di sini nggak cuma keindahan alamnya saja yang bisa Criters nikmati, tetapi juga oleh-oleh murah nan menarik khas Flores, yakni tenun ikat tepatnya di Desa Sika. Di sini Criters pun dapat melihat langsung proses pembuatannya sambil belajar budaya setempat. Wow, menarik kan?
1. Dan di peringkat teratas sebagai kota termurah di Indonesia yang paling wajib dikunjungi yaitu tak lain Kota Sibolga, Sumatera Utara. Untuk hidup di sini, Criters nggak perlu takut bakal ngeluarin budget banyak, sebab menurut data per bulannya, rata-rata pengeluaran sehari-hari penduduknya hanyalah berkisar Rp 554.602. Yap, kota yang terletak di pesisir barat Sumatera ini selain murah juga memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Bagaimana tidak? Kontur pantai, lereng, dan langsung ke pegunungan membuat tempat ini menjadi salah satu tempat hangout untuk berwisata yang nggak bikin kantong bolong dan sayang banget kalau dilewatkan.
Nah, itulah daftar lima kota termurah di Indonesia yang nggak hanya murah, tetapi juga memiliki berbagai objek wisata menarik. Tentu saja dengan hangout atau berwisata ke kota-kota ini dijamin bakal menghemat budget pengeluaran bulanan Criters, lho. So, tinggal dipilih deh kira-kira kota mana ya yang mau disinggahi terlebih dahulu? Hmm... (RAD)
 
 
 

0 comments:

Jangan sungkan-sungkan komen di mari gan...
:)

Hidup Indah bila Mencari Berkah