Cpx24.com CPM Program

Sebab dan Cara Alami Mengatasi Terlambat Datang Bulan


sebab-dan-cara-alami-mengatasi-terlambat-datang-bulanWanita terlambat datang bulan atau haid atau menstruasi merupakan sebuah masalah baginya. Terlambat datang bulan ini di sebabkan oleh beberapa factor dan kejadian ini merupakan hal yang wajar. Sebagian wanita mungkin gelisah atau panic jika mengalami keterlambatan haid atau datang bulan. Maka penting bagi seorang wanita untuk mengetahui Sebab dan Cara Alami Mengatasi Terlambat Datang Bulan agar wanita tetap tenang dan tidak panic jika mengalaminya.

Mari kita simak penjelasan singkat ini.


Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.


Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.


Siklus menstruasi
Siklus menstruasi dibagi atas empat fase.


Fase menstruasi
Yaitu, luruh dan dikeluarkannya dinding rahim dari tubuh. Hal ini disebabkan berkurangnya kadar hormon seks. Hali ini secara bertahap terjadi pada hari ke-1 sampai 7.


Fase pra-ovulasi
Yaitu, masa pembentukan dan pematangan ovum dalam ovarium yang dipicu oleh peningkatan kadar estrogen dalam tubuh. Hal ini terjadi secara bertahap pada hari ke-7 sampai 13.


Fase ovulasi
Masa subur atau Ovulasi adalah suatu masa dalam siklus menstruasi wanita dimana sel telur yang matang siap untuk dibuahi. menurut beberapa literatur, masa subur adalah 14 hari sebelum haid selanjutnya. Apabila wanita tersebut melakukan hubungan seksual pada masa subur atau ovulasi maka kemungkinan terjadi kehamilan.


Menentukan masa subur
Beberapa metode dalam menentukan masa subur dapat dilihat dengan beberapa cara:

1.    Perubahan Periode Menstruasi
2.    Perubahan Lendir Servik
3.    Perubahan Suhu Basal Tubuh

Fase pascaovulasi
Yaitu, masa kemunduran ovum bila tidak terjadi fertilisasi. Pada tahap ini, terjadi kenaikan produksi progesteron sehingga endometrium menjadi lebih tebal dan siap menerima embrio untuk berkembang. Jika tidak terjadi fertilisasi, maka hormon seks dalam tubuh akan berulang dan terjadi fase menstruasi kembali.


Tanda dan gejala
Nyeri pada perut merupakan salah satu gejala menstruasi.

Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala yang dapat terjadi pada saat masa menstruasi:

  •  Perut terasa mulas, mual dan panas.
  • Terasa nyeri saat buang air kecil.
  • Tubuh tidak fit.
  • Demam.
  • Sakit kepala dan pusing.
  • Keputihan.
  • Radang pada vagina.
  • Gatal-gatal pada kulit.
  • Emosi meningkat.
  • Nyeri dan bengkak pada payudara.
  • Bau badan tidak sedap.
  • Suara kurang menarik.

Penanggulangan
Saat menstruasi, rasa nyeri akibat kram menstruasi seringkali datang. Bisa hanya samar-samar atau sangat nyeri. Kondisi ini memang sedikit menggangu saat menstruasi. Kondisi yang dalam istilah medisnya disebut dysmenorrhea ini biasanya terjadi di perut bagian bawah.Untuk mengurangi nyeri saat haid, ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu:

  • Perbanyak asupan cairan untuk menghindari dehidrasi. Kekurangan cairan akan membuat nyerinya semakin terasa. Usahakan untuk minum air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke daerah panggul.
  • Membuat ramuan jahe. Caranya, rebus beberapa potong jahe yang telah dimemarkan dalam air lalu minumlah air jahe dalam keadaan hangat.
  • Tempatkan handuk hangat di sekitar perut bagian bawah. Ini cara yang cukup mudah untuk menghilangkan nyeri sementara waktu.
  • Hindari meminum minuman yang mengandung kafein karena bisa memicu iritasi pada usus halus.
  • Meminum teh beraroma mint. Lebih baik jika diminum dalam keadaan hangat.
  • Melakukan peregangan pada pagi hari dapat melancarkan pereedaran darah dan sekaligus mengurangi rasa nyeri.

Sebab terlambat datang bulan :
 
1. Stres
Stres bisa memicu menstruasi datang lebih cepat namun juga bisa membuat menstruasi seseorang jadi terhambat. Karena ketika kita stres, banyak sistem tubuh yang sebenarnya mulai terganggu dan hal itu bisa berdampak pada siklus datang bulan Anda. Cobalah untuk lebih rileks dan beristirahat lebih banyak dari biasanya.


2. Olahraga
Olahraga juga bisa memicu keterlambatan haid. Banyak atlet wanita yang mengalami amenorrhea atau kondisi di mana dia tidak mengalami menstruasi dalam sebulan. Olahraga yang intens dan cepat menurunkan berat badan memang bisa berdampak pada menstruasi Anda. Bila Anda mengalami penurunan berat badan, kemungkinan hal itu bisa jadi penyebab keterlambatan datang bulan Anda.


3. Pengontrol Kehamilan
Salah satu desain alat pengontrol kehamilan didesain agar wanita tidak mengalami menstruasi untuk 3-4 bulan. Bila Anda menggunakan benda ini, jangan lupa untuk mempelajari dampak yang ditimbulkan oleh benda tersebut pada tubuh Anda. Bila Anda belum yakin, Anda bisa menghubungi dokter.


4. Hamil
Kehamilan juga bisa menjadi salah satu penyebab berhentinya menstruasi Anda. Namun, tidak semua keterlambatan menstruasi berarti hamil.


5. Masalah Kelenjar Gondok
Masalah pada kelenjar gondok bisa juga menjadi penyebabnya. Karena banyak wanita yang memiliki hypothyroidism, yaitu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak memroduksi hormon tiroid yang cukup. Beberapa gejalanya antara lain, sensitif pada udara dingin, konstipasi, kulit kering dan pucat, kenaikan berat badan, depresi dan terlambat datang bulan. Sebaiknya lakukan cek darah ke dokter, pengobatannya pun tidak sulit.


6. Berganti Jadwal
beberapa wanita bisa berganti jadwal menstruasi dari yang tadinya tanggal tua menjadi tanggal muda atau pertengahan dan sebagainya. Hal ini juga berhubungan dengan perubahan kebiasaan sehari-hari Anda. Misalnya yang tadinya kerja pagi jadi sering kerja malam dan sebagainya.



 

Cara Alami Mengatasi Terlambat Datang Bulan

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai cara alami mengatasi telat haid atau haid tidak teratur. Berikut ini saya akan membagikan tips cara alami mengatasi telat haid sebagai berikut:

  • Siapkan 1 buah jeruk nipis, 2 jari kunyit, garam dan kapur sirih secukupnya.
  • Campur air perasan kunyit dan jeruk nipis beserta kapur sirih dan garam secukupnya. Saring dan siap di minum
  • Minum air ini 1X sehari.

Mengatasi datang haid tidak teratur

  1. Daun kemuning dan daun pacar kuku (lawsonia inermis) masing-masing bahan segar sebanyak ½ genggam, rimpang temulawak 1 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya.
  2. Tambahkan 3 gelas air bersih. Lalu, direbus sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, airnya diminum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.


    Sumber 

1 comment:

  1. jual obat telat bulan top HP 085727795972

    CARA ABORSI SENDIRI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI SAYA AKAN BERBAGI TIPS DAN SOLUSI CARA AMAN MUDAH DAN TANPA EFEK SAMPING KAMI MEMBERIKAN BUKTI BUKAN JANJI BEGARANSI

    KAMI DISINI ADALAH SALAH SATU TOKO ONLINE PENJUAL OBAT ABORSI TERPERCAYA YANG MANA ITU SENDIRI KAMI JUAL OBAT ABORSI (MISOPROSTOL) DAN SEMUA OBAT-OBATAN YANG MENYANGKUT PIL RU 486 SETIAP PAKET OBAT ABORSI DARI KAMI BERBEDA DOSIS SERTA ISI KEMASAN OBAT TERSEBUT

    Menggugurkan kandungan atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah "abortus" berarti pengeluaran hasil konsepsi (pertemuan sel telur dan sel sperma) sebelum janin dapat hidup diluar kandungan ini adalah suatu proses pengakhiran hidup dari janin sebelum diberi kesempatan untuk bertumbuh.

    DISINI KAMI SELAKU PENJUAL YANG MENYEDIAKAN BERBAGAI MACAM PAKET UNTUK USIA TEPAT KANDUNGAN ANDA:

    #Paket A ( Untuk Usia Minimal 1Bulan )

    Harga Paket TUNTAS 1 Bulan: harga 500,000


    #Paket B ( Untuk Usia Minimal 2Bulan )

    Paket TUNTAS 2 bulan harga 800,000

    #Paket C ( Untuk Usia Minimal 3Bulan )

    Paket Tuntas Harga : 1.0000

    #Paket D ( Untuk Usia Minimal 4 )

    paket tuntas harga ; 1500,000

    DIJAMIN KEBERHASILANYA

    KELEBIHAN OBAT ABORSI DARI KAMI YANG AMAN DAN MANJUR

    # Obat ini sangat ampuh untuk mengobati keterlambatan datang bulan anda
    # Obat ini sangat manjur dan tidak ada efek samping sama sekali ke rahim wanita
    # Dapat membantu keadaan mendadak/urgen untuk menggugurkan kandungan
    # Obat yang berkwalitas untuk mengeluarkan darah haid,sehingga benar-benar tuntas bersih

    HASIL OBAT TELAT BULAN DARI KAMI SEPERTI "KEGUGURAN ALAMI"

    OBAT DARI KAMI KHUSUS UNTUK MENGGUGURKAN KANDUNGAN BUKAN OBAT LAIN YANG BEREDAR DI PASARAN KARENA OBAT MURAHAN
    ATAU OBAT TIDAK BERKWALITAS.
    SILAHKAN CEK SENDIRI REPUTASI KAMI DI SINI, MAKA ANDA AKAN MENEMUKAN FAKTA BAHWA KAMI ADALAH PENJUAL YANG JUJUR, TANPA TIPU-TIPU. KARENA KEPUASAN ANDA ADALAH NOMOR 1

    HANYA DI TEMPAT KAMI OBAT ABORSI PALING MANJUR YANG BENAR-BENAR PERDULI DENGAN PERMASALAHAN YANG ANDA HADAPI

    !! PESAN SEKARANG DENGAN FORMAT

    #Order:

    #Nama:

    #Alamat Lengkap:

    #No.Hp:

    BEBAS ONGKOS KIRIM UNTUK DALAM NEGERI

    TEMUKAN KEBERHASILANYA DISINI

    ADA BERBAGAI BUKTI NYATA TANPA REKAYASA DAN TERPERCAYA SUDAH BANYAK ORANG DI INDONESIA ATAUPUN LUAR NEGERI YANG MEMESAN PRODUK OBAT PENGGUGUR JANIN INI YANG KHASIATNYA BENAR-BENAR MANJUR DAN TELAH TERBUKTI AMPUH DARI PRODUK OBAT ABORSI KAMI KESUKSESAN KEPUASAN DAN KEBERHASILAN MENGGUGURKAN KANDUNGAN ANDA ADALAH PRIORITAS UTAMA KAMI

    MELAYANI PEMESANAN SETIAP HARI, SIAP KIRIM KESELURUH KOTA BESAR DI INDONESIA DAN LUAR NEGERI

    ReplyDelete

Jangan sungkan-sungkan komen di mari gan...
:)

Hidup Indah bila Mencari Berkah

Powered by FeedBurner